Friday, June 17, 2016

Peristiwa Bersejarah pada Bulan Ramadhan

Peristiwa Bersejarah pada Bulan Ramadhan

Ramadhan berasal dari kata yang artinya Panas yang menyengat / kekeringan yang terjadi pada tanah.  Dulu ketika Islam belum dominan di tanah Arab, Bangsa Babylonia menggunakan penanggalan  Syamsiyah atau penanggalan Matahari. 

Bulan kesembilan adalah bulan yang sangat panas. Dimana siangnya pasir, bebatuan dan gunung terpanggang oleh sengatan Matahari musim panas yang siangnya lebih panjang dari malamnya. Belum dingin sudah bertemu lagi dengan pagi.

 Namun karena penanggalan Syamsiyah dan Qomariyah memiliki selisih 11 hari Maka Bulan Ramadhan tak lagi bertepatan dengan Musim panas.

1.         1. Bulan diturunkannya al-Qur’an
2. Bulan diturunkannya al-Qur’an,  disebutkan dalam al-Baqarah ayat 185. Dalam Gua Hira Gunung an-Nur.
2.        3. Fathul Makkah
Fathul Makkah adalah peristiwa dimana Nabi Muhammad & 10.000 para Shahabat berhasil menaklukkan kembali Makkah dan menghancurkan berhala-berhala yang ada di Mekkah.  Sehingga Mekkah kembali suci.  Pada tanggal 10 Ramadhan 8 H, tanpa sedikitpun pertumpahan darah.
3.        4. Perang Badar
Terjadi pada 17 Ramadhan 2 H, Badar adalah nama lembah yang berada di antara kota Makkah dan Madinah, dan Perang Badar adalah perang pertama kali yang dihadapi kaum muslimin semenjak hijrah ke Madinah.  Perang ini melibatkan 313 kaum Muslimin dan 1.000 kaum Musyrikin. Disebutkan dalam QS ali Imran 123)
4.        5. Masuknya Islam ke Yaman
5.        6. Penyerahan Thaif kepada Rasulullah SAW
6.       7.   Masuknya Islam ke Andalusia

7.        8. Perang tabuk pada 26 Ramadhan 9 H / 5 Januari 631 H

No comments:

Post a Comment